Rekomendasi Tempat Wisata di Tawangmangu

Tempat wisata di Tawangmangu – Tawangmangu merupakan sebuah kecamatan yang berada di lereng barat Gunung Lawu, tepatnya dalam Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berada di bawah kaki Gunung Lawu, membuat Kecamatan Tawangmangu memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan.

Selain itu, Tawangmangu juga menyimpan pesona wisata yang menawan. Ada banyak rekomendasi tempat wisata di Tawangmangu yang bisa Anda kunjungi, mulai dari wisata alam pegunungan yang sejuk hingga atraksi wahana keluarga yang seru. Berikut penjelasannya.

Rekomendasi Tempat Wisata di Tawangmangu

1. Air Terjun Kedung Sriti Tawangmangu

Kedung Sriti berupa air terjun yang masih sangat asri dan sejuk dengan pohon-pohon di sisi air terjun. Ketinggian dari air terjun ini diperkirakan sekitar 10 meter dan mengalirkan air jernih dengan deras. Selain itu, wisata alam yang satu ini memiliki pemandangan indah dan sejuk, airnya yang menyegarkan sangat cocok untuk berendam.

Air terjun ini terletak di antara Dusun Pancot Kelurahan Kalisoro dan Dusun Plalar Desa Tengklik Kecamatan Tawangmangu.

Untuk menuju ke lokasi, Anda perlu menyusuri jalan setapak terlebih dahulu. Meski akan sangat lelah, tetapi semua rasa lelah itu akan terbayarkan ketika kamu melihat keindahan dari Air Terjun Kedung Sriti. Terlebih lagi, air terjun ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Untuk menuju Kedung Sriti, pengunjung harus hati-hati karena menyusuri jalan setapak yang di sampingnya berupa jurang. Air Terjun Kedung Sriti masih sangat asri, tidak ada pengurus yang merawat. Pengunjung pun diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga keasrian dan kelestarian di Kedung Sriti.

2. Tawangmangu Wonder Park

Jika Anda ingin berkunjung dengan keluarga ke Tawangmangu, maka ini adalah momen yang pas untuk mengunjungi Tawangmangu Wonderpark. Tempat wisata ini memiliki berbagai macam wahana, mulai dari untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Adapun wahana yang ada di tempat wisata ini, seperti berkemah, outbound, ATV, berkuda, hingga bertualang dengan mobil jeep. Harga tiket masuk Tawangmangu Wonderpark cukup terjangkau, hanya Rp20.000 per orang.

3. Grojogan Sewu Tawangmangu

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu tempat wisata favorit di Tawangmangu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Aliran air Grojogan Sewu selalu ada setiap waktu, sehingga tak perlu khawatir saat berkunjung pada musim kemarau. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melalui anak tangga yang disebut sebanyak 1.250 anak tangga.

Ketika berjalan di atas anak tangga, pengunjung akan melewati hutan yang asri dan melihat monyet-monyet. Rata-rata wisatawan yang berkunjung ke Tawangmangu pasti menyempatkan diri untuk melihat pesona air terjun Grojogan Sewu. Letaknya berada di lereng Gunung Lawu atau 21 km dari pusat Kabupaten Karanganyar.

Di tempat wisata ini, Anda juga bisa menikmati keindahan pepohonan yang ditemani dengan suara air terjun. Harga masuk dari air terjun ini bisa dibilang tidak terlalu mahal, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp20.000. Dengan harga segitu, kamu bisa melihat keindahan dan kesejukan air terjun Grojogan Sewu. Namun, untuk pengunjung dari luar negeri dikenakan biaya Rp110.000

4. Gunung Lawu Tawangmangu

Bagi para pecinta gunung, kamu tidak boleh melewatkan pendakian gunung tertinggi di pulau Jawa, yakni Gunung Lawu. Buat kamu yang masih pendaki pemula, jangan khawatir, jalan menuju kawah bisa dilalui lewat jalur Cemoro Sewu yang aman dan jelas untuk dilewati. Jika tertarik untuk pergi ke Gunung Lawu, jangan lupa untuk siapkan perlengkapan gunung dan tiket retribusi sebesar Rp20.000.

5. Bukit Sekipan Tawangmangu

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu adalah tempat wisata yang cocok dikunjungi bareng keluarga besar yang terletak di Jalan Sekipan, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu. Di sini, Anda bisa mencoba berbagai wahana permainan dan berfoto ria di depan berbagai ikon dunia.

Selain itu, tempat wisata di Tawangmangu ini menawarkan banyak wahana permainan, menarik dan sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang Instagramable. Beberapa wahana yang ada di tempat wisata ini, seperti miniatur ikon dunia, miniatur kapal Titanic, jembatan goyang, area hantu, rumah adat, mini coaster, studio foto dan area outbond.

Tidak hanya wahana saja, tetapi tempat wisata Bukit Sekipan juga menyediakan penginapan dengan berbagai tema, seperti small room, villa, cottage Jepang, dan Titanic room. Jika ingin masuk ke tempat wisata ini, pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp50.000, tetapi tidak termasuk untuk tiket masuk wahana.

Sementara itu, untuk tiket terusan dikenai Rp100.000 dan sudah termasuk tiket masuk dan wahana. Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu beroperasi pukul 08.00-17.00 pada hari biasa. Lalu, pada Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

6. Air Terjun Pringgodani Tawangmangu

Air terjun Pringgodani adalah salah satu wisata air terjun dekat Gunung Lawu selain Grojogan Sewu. Tak jauh dari air terjun ini, Anda bakal menemukan petilasan Pringgondani yang sering dikunjungi beberapa masyarakat dengan kepercayaan tertentu.

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini, sebaiknya persiapkan tenaga untuk berjalan menuju air terjun selama hampir 2 jam. Meski begitu, lingkungan air terjun Pringgodani masih sangat asli dan belum terjamah. Jadi, kamu harus melewati hutan belantara terlebih dahulu. Pengalaman yang seru, bukan?

7. Kebun Teh Kemuning

Kebun teh Di Tawangmangu yaitu kebun teh Kemuning yang asri dan Instagrammable. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke tempat wisata ini, kamu perlu menyiapkan kamera dan pose terbaik, di sini ada banyak spot foto yang bisa kamu abadikan bersama orang tersayang.

Selain itu, Anda bisa menemukan wahana outbound dan paintball dengan tarif tertentu di sini. Harga tiket masuknya pun termasuk murah, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp3.000/orang dan parkir kendaraan Rp 2000.

8. Rumah Atsiri Indonesia Tawangmangu

Rumah Atsiri Indonesia merupakan hasil restorasi dari pabrik Citronella Indonesia Bulgaria yang berlokasi di Jalan Watusambang, Plumbon, Kecamatan Tawangmangu. Di tempat wisata Tawangmangu ini, pengunjung bisa menikmati Aromatic Garden yang penuh dengan berbagai jenis bunga penuh warna.

 

 

Rumah Atsiri adalah pabrik minyak atsiri atau essential oil yang telah direvitalisasi menjadi pusat studi minyak atsiri. Arsitektur Rumah Atsiri yang sekarang tetap menjaga bentuk otentiknya seperti tahun 1963, namun dengan penambahan nuansa modern.

Sementara itu, museum essential oil memberikan informasi sejarah dari minyak atsiri. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati makanan khas atsiri, berbelanja di toko aromatik dan mengikuti workshop.

Penuh dengan koleksi bunga yang cantik dari berbagai jenis tanaman penghasil minyak atsiri, spot ini sangat cocok dijadikan spot foto yang Instagramable. Ketika masuk ke tempat wisata ini, pengunjung akan dikenai biaya masuk Rp 50.000 per orang. Rumah Atsiri Indonesia dapat dikunjungi pukul 10.00 WIB-17.00 WIB.

9. The Lawu Park

ika kamu berkunjung ke Tawangmangu bersama anak kecil, maka jangan lupa untuk mengunjungi The Lawu Park. Di taman hiburan ini, banyak sekali wahana yang seru bikin anak kecil senang dengan liburan. Wisatawan yang berkunjung ke The Lawu Park harus membayar tiket masuk sebesar Rp20.000/orang. Di tempat wisata ini ada banyak sekali wahana atraksi yang bisa kamu naiki dengan harga tiket Rp20.000 – Rp275.000.

10. Sakura Hills

Sakura Hills mengusung konsep wisata ala Negeri Sakura dengan suasana Gunung Lawu. Lokasinya ada di Jalan Tawangmangu–Magetan, Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu. Pengunjung disuguhkan dengan pemandangan indah pohon-pohon sakura dengan latar Gunung Lawu dan dilengkapi bangunan-bangunan khas Jepang yang ikonik, seperti taman Jepang, taman sakura, supercamp, dan forest canopy.

Dengan keunikan tersebut, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto yang Instagramable, seperti Gerbang Torii Path, Takeshi Castle, sampai Samurai Park. Bahkan, pengunjung juga dapat menaiki jeep untuk berkeliling di Sakura Hills dan merasakan bermalam di Sakura Hills yang hijau dan sejuk. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk melihat bunga Sakura karena di Tawangmangu ada tempat yang menawarkan suasana ala Jepang.

Sakura Hills akan memberikan kamu kesempatan untuk berfoto di depan bunga sakura dengan mengenakan kimono. Jika Anda ingin masuk ke tempat wisata ini, maka harus mengeluarkan biaya tiket masuk sekitar Rp20.000-Rp25.000 per orang.

11. Situs Purbakala Candi Menggung

Sangat disayangkan jika mengunjungi Tawangmangu, tetapi Anda tidak menyempatkan ke peninggalan purba Tawangmangu. Ke Situs Purbakala Candi Menggung, misalnya. Situs ini begitu keramat bagi masyarakat setempat.

Masyarakat melaksanakan tradisi dukutan secara rutin untuk merawat perdamaian gaya masyarakat Jawa. Hawa di sana pun sejuk, banyak pohon-pohon beringin besar yang ada di sekitar Candi Menggung. Selain itu, Anda akan menemukan beberapa peninggalan seperti patung, arca, reruntuhan candi.

12. Candi Cetho

Candi Cetho adalah salah satu candi yang berada di dataran tinggi, tepatnya di lereng Gunung Lawu. Candi agama Hindu ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang terletak di Desa Cetho, Kabupaten Karanganyar. Jika Anda ingin masuk ke kawasan ini, maka perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

13. Candi Sukuh

Candi Sukuh memiliki tampilan mirip dengan Piramida Suku Maya, namun candi yang didirikan abad ke-15 M ini hanyalah salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit. Harga tiket masuk candi ini cukup murah, yaitu Rp7.000/orang dengan biaya parkir Rp5.000/mobil atau Rp3.000/motor kamu bisa mampir ke Candi unik ini.

14. Taman Wisata Balekambang Tawangmangu

Taman wisata Balekambang sangat cocok menjadi spot foto yang Instagramable dengan menawarkan suasana seperti keliling dunia. Taman Wisata Balekambang memiliki banyak spot foto menarik dan Instagramable, seperti 3D art studio, landmark dunia, dan patung-patung raksasa.

Objek wisata ini mengusung wisata foto dengan menyuguhkan banyak landmark dunia, mulai dari Arc de Triomphe Perancis, tulisan Hollywood, patung liberty, hingga London Bridge.

Selain itu, harga masuknya juga tidak terlalu mahal, mulai dari Rp20.000 – Rp25.000 per orang. Selain itu, di tempat wisata ini, kamu bisa bermain beberapa wahana lainnya, seperti waterboom dan outbound.

15. Agrowisata Desa Nglurah

Agrowisata Desa Nglurah merupakan desa yang terkenal sebagai pusat tanaman hias dan obat-obatan. Lokasi dari tempat wisata ini ada di Jalan Candi Menggung Nglurah, Nglurah, Kecamatan Tawangmangu. Sepanjang desa ini, setiap rumahnya terdapat berbagai tanaman hias yang cantik, sehingga ketika berjalan-jalan di desa ini bisa memanjakan mata karena keindahannya.

Jika berkunjung ke Desa Nglurah, jangan lupa untuk membeli beberapa tanaman untuk oleh-oleh orang rumah. Tanaman disini juga sudah dijual hingga ke negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Alangkah baiknya, sebelum membeli, pastikan Anda pelajari cara merawat tanaman hias kepada penjualnya.

16. AIr Terjun Jumog Putri Tawangmangu

Air Terjun Jumog Putri merupakan air terjun kecil yang berada di tepi jalan tepatnya terletak di Dusun Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu. Air terjun ini memiliki air jernih yang melewati bebatuan besar dan dikelilingi pohon-pohon hijau yang menambah kesan keasrian.

Oleh karena itu, jika mencari tempat wisata di Tawangmangu yang masih memiliki suasana alam asri, tempat ini bisa jadi pilihan. Berada di samping jalan utama, Air Terjun Jumog Putri memiliki fasilitas seperti toilet, mushola, dan warung-warung yang menjual berbagai macam makanan. Selain itu, air terjun Jumog yang eksotis terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Berjo yang tidak jauh dari Tawangmangu.

Bahkan, kamu juga bisa menikmati makanan di pinggir sungai yang ada di kawasan air terjun Jumog. Banyak sekali ya aktivitas seru yang bisa kita lakukan di air terjun Jumog Putri. Harga masuknya pun cukup murah hanya Rp15.000 per orang.

17. Bukit Mongkrang Tawangmangu

Bukit Mongkrang sangat cocok untuk pendaki pemula. Bahkan, menjadi pilihan tempat wisata di Tawangmangu dan terletak di sebelah selatan Gunung Lawu, tepatnya di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu. Selain itu, bukit ini juga menyuguhkan pemandangan indah, sehingga sangat cocok dijadikan spot foto menarik, terdapat hamparan padang ilalang yang diburu untuk mengambil foto.

Selain itu, tempat wisata ini bisa juga digunakan untuk berkemah setelah lelah mendaki, pengunjung bisa mendirikan tenda, menikmati kesejukkan udara dan matahari terbit yang cantik di pagi hari.

Jalur Bukit Mongkrang membutuhkan waktu pendakian lebih singkat hanya satu sampai dua jam kamu bisa mencapai di puncak bukit dengan pemandangan Gunung Lawu yang indah. Pengunjung akan dikenai tarif tiket sebesar Rp 10.000 dan jika ingin berkemah akan dikenai biaya Rp15.000.

18. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan memang memiliki keindahan yang mempesona dengan air jernih dan pegunungan yang mengelilinginya. Jangan lupa juga mencicipi kuliner khas Telaga Sarangan seperti jagung bakar, sate kelinci, dan ikan goreng. Harga tiket masuk: Rp20.000/orang Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam Alamat: Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Magetan, Jawa Timur.

19. Mojosemi Forest Park

Tempat wisata ini terkenal karena keindahan alamnya dan juga wahana yang menyenangkan seperti mengendarai ATV, berkuda, bermain paintball, dan lain sebagainya.

Di sini juga terdapat Dino Show yang menampilkan replika dinosaurus yang membuat pengunjung terkesima. Harga tiket masuk: Rp30.000/orang Jam & hari buka: setiap hari, 08.00-16.00 WIB Alamat: Jl. Raya Sarangan Jl. Cemoro Sewu No.Km. 5, Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur 63361.

20. Jembatan Kaca Kemuning

Berikut informasi mengenai Jembatan Kaca (Sky Hills) Kemuning diresmikan, Tawangmangu jadi lokasi alam super lengkap di Karanganyar Jawa Tengah.

Bagi kalian yang ingin mengetahui secara lengkap tentang Jembatan Kaca Kemuning diresmikan dan menambah wisata alam Tawangmangu Karanganyar semakin lengkap bisa kalian simak di bawah ini.

Jembatan Kaca Kemuning yang baru diresmikan saat ini berada di lokasi wisata kebun teh Kemuning Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.

Jembatan Kaca Karanganyar ini punya ketinggian dari permukaan tanah bervariasi antara 12 sampai 30 meter, serta memiliki lebar 1,8 meter.

Dengan selesainya pembangunan Jembatan Kaca Kemuing tahap awal ini, para wisatawan dapat menikmati wahana secara utuh. Sejak dibuka beberapa waktu lalu, jumlah pengunjung dalam satu bulan mencapai 28.000 orang.

“Pembangunan tahap awal sudah selesai. Masyarakat sudah dapat menikmati keindahan alam dari atas jembatan kaca,”ujar Parmin, pengelola jembatan kaca kepada wartawan Sabtu (18/02/2023).

Untuk memasuki area Jembatan Kaca Kemuning, Parmin menuturkan,pengunjung dapat membeli tiket masuk seharga Rp 10.000. Sedangklan untuk masuk ke Jembatan Kaca, tiket yang harus dibayar pengunjung sebesar Rp 20.000.

“Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam, selfi dan area swa foto lainnya yang kami sediakan dilokasi,” terangnya.

Parmin menjelaskan, setelah pembangunan tahap awal ini, pihaknya akan melanjutkan ke tahap kedua untuk menyelesaikan pembangunan jembatan kaca sepanjang 96 meter. Jika telah selesai, kata dia, maka total jembatan sepanjang 130 meter. Diperkirakan, sebelum lebaran sudah selesai.

Dia menambahkan, jembatan kaca ini dibangan dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Wisata Kuliner Tawangmangu

Dari banyaknya tempat wisata kami tidak lupa juga menginformasikan tempat Wisata Kuliner Tawangmangu yang bisa dikunjungi untuk seseduh kopi atau nyemil.

1. Sendang Lawu

Selain menikmati kuliner, di Sendang Lawu kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Selain itu, ada pula area bermain untuk anak-anak dan arena olahraga seperti lapangan voli dan basket. Jadi, Sendang Lawu bisa menjadi destinasi wisata yang menyenangkan untuk keluarga. Harga tiket masuk: Rp20.000/orang Jam & hari buka: setiap hari, pukul 09.00-21.00 WIB Alamat: Telogo, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792.

 

2. Resto Sawah

Resto Sawah di Tawangmangu memang sangat cocok untuk menikmati suasana pedesaan dengan pemandangan sawah yang hijau dan indah. Selain sate kelinci, ada juga menu andalan lainnya seperti bebek bakar dan nasi goreng khas Resto Sawah yang enak banget. Bagi pecinta kopi, kamu juga bisa mencicipi kopi dari biji kopi lokal yang diolah langsung di sini. Pastinya makan di Resto Sawah akan menjadi pengalaman kuliner yang menyenangkan dan tak terlupakan. Harga mulai: Rp20.000/porsi Jam & hari buka: setiap hari, 09.00-20.00 WIB Alamat: Jl. Pakel, RT.02/RW.02, Popongan, Gerdu, Kec. Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57791. Gimana apakah tertarik buat healing ke Wisata Tawangmangu ini? Disana sangat banyak destinasi wisata yang menarik dan cocok untuk segala usia. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh antara satu tempat wisata dengan tempat wisata lainnya, kamu dapat dengan mudah merencanakan perjalanan wisatamu tanpa perlu khawatir kehabisan waktu. Selain itu, dengan suasana alamnya yang sejuk dan segar, Tawangmangu juga cocok dijadikan sebagai tempat liburan yang menyenangkan dan melepas penat dari kepenatan keseharianmu.

Berikut Artikel singkat berupa informasi terkait Wisata dan Kuliner di Tawangmangu.

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *