Ceramah tentang Pendidikan Agama

Ceramah tentang Pendidikan Agama – Ceramah salah satu metode yang dimana untuk menyampaikan pesan-pesan atau informasi penting di depan umum, dengan mengambil judul tertentu. Hal ini diperlukan agar ceramah yang disampaikan sesuai dengan target pendengar sehingga dapat diterima dengan baik dan benar.

Pendidikan ialah salah satu judul yang sering digunakan dalam ceramah atau berpidato.

Berikut beberapa contoh ceramah atau pidato tentang Pendidikan Agama :

Contoh Pertama

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat pada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul dalam tempat yang penuh barakah ini.

Kedua kalinya, Shalawat serta salam tak lupa kita haturkan kepada  Nabi Agung pemimpin umat sedunia, followers bermilion-milion jumlahnya yakni Baginda Muhammad SAW.

Pada kesempatan yang berbahagia ini izinkan kami pribadi menyampaikan ceramah tentang pendidikan agama singkat.

Dalam sebuah jurnal yang pernah kami baca, pendidikan sangat penting bagi seluruh manusia penghuni alam jagat raya ini, karena dengan pendidikan ini sumber jemajuan bangsa bisa terlihat.

Dengan Pendidikan sumber daya manusia dapat berfungsi sebagaimana seharusnya, apalagi sumber daya manusia ini dapat dan bisa lebih ditingkatkan seiring dengan kemauan dan harapan yang dimiliknya.

Seperti yang sudah kita ketahui, dengan sumber daya manusia yang berkualitas. hal itu sangat berpengaruh dan berpotensi untuk kemajuan suatu bangsa.

Maka sangat wajar ketika suatu negara mengirimkan rakyat terbaiknya untuk melakukan studi ke beberapa negara, guna untuk menimba ilmu seluas-luasnya, dan itu adalah suatu aset yang dimiliki oleh Bangsa.

Dengan pendidikan, suatu negara bisa bersaing dengan negara yang lain. Bersaing disini dalam konteks positif bukan saling menjatuhkan dan mengalahkan.

Lalu dalam skala kecil, apa yang harus kita lakukan ?

Langkah konkretnya ialah dengan rajin sekolah, rajin belajar dan memupuk rasa keingin tahuan yang sangat tinggi.

Kemudian jangan sampai kita terpaku belajar hanya lewat pendidikan formal, lantaran pada saat ini banyak sekali saluran yang bisa dimanfaatkan untuk mencari ilmu yang kita butuhkan.

Dengan teknologi yang sangat melambung tinggi di era kekinian, membuat segala keilmuan yang kita butuhkan menjadi sangat mudah di jangkau.

Perkayalah diri dengan ilmu pengetahuan, dengan pendidikan, agar kita bisa terlibat dalam kemajuan bangsa kita yaitu bangsa Indonesia.

Itulah ceramah singkat yang bisa kami sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf.

Wallahul Muwafiq ila Aqwamith Thoriq Tsummassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu.

Contoh Ceramah 2

Assalamua’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu

Pertama dan yang paling utama, marilah kita mengucap syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak rezeki dan kenikmatan, sehingga kita bisa berkumpul di acara yang insyaAllah penuh Barakah ini.

Shalawat serta salam tak lupa kita curahkan kepada jungjungan kita the Seventeen Rakaat yakni Nabi Agung Nabi kita semua Nabi besar Muhammad SAW.

Lewat kesempatan yang singkat ini, izinkan kami menyampaikan sebuah nasihat terkait pendidikan Agama.

Seorang tokoh pendidikan di Indonesia yang legendaris, Ki Hajar Dewantara pernah menyebut, jika pendidikan berasal dari tiga aspek penting, yakni lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Ketiganya pada saat ini menjadi dorongan penting bagi kita yang menjadikan kita semangat untuk kembali berjuang untuk menimba ilmu pengetahuan yang sudah digariskan Allah untuk kita.

Dalam sudut pandang Agama Islam, pendidikan sejak dini harus dipupuk dari tiga hal.

Pertama pendidikan Aqidah dimana kita harus mampu untuk menimba ilmu keimanan, kepercayaan dan keyakinan kita pada Allah SWT.

Lalu kedua pendidikan ibadah, sejatinya pendidikan adalah amalan lahiriah dan batiniah yang akan terus menerus dilakukan sampai akhir hayat nanti.

Maka dari itu, pendidikan ibadah harus sudah diajarkan sejak dini pada semua lingkup yang kita temui.

Lalu terakhir pendidikan Akhlak atau adab, Akhlak adalah cerminan sikap, kebiasaan dan karakter seseorang yang sudah atau tertanam dalam dirinya.

Hal tersebut bisa kita pupuk sejak usia emas atau usia dini agar si balita mempunyai jiwa yang bersih dan akhlak yang bagus nan gemilang.

Akhlak menjadi tolak ukur kita selaku manusia sosial yang tumbuh dan hidup berdampingan dengan manusia lainnya.

Sebagai anak seharusnya tumbuh dengan akhlak yang baik, namun dalam kondisi ini tidak semua bayi yang lahir dalam lingkungan yang baik.

Alangkah baiknya kita yang mengetahui akhlak bisa mengajarkan atau membimbing masuk dalam lingkungan yang kurang baik itu, bukan malah menghakimi mereka, mendzolimi mereka, seakan-akan mereka hidup selalu salah.

Sudut pandang seperti itu mari kita hilangkan agar tak melihat kejelekan dengan mengejastifikasi mereka dengan perbuatan yang sarkas atau merugikan diri kita sendiri atau orang lain.

Nilai-nilai ilmu yang sudah kami sebutkan tadi semoga bisa di terapkan khususnya di lingkungan keluarga dan dimanapun kita berada.

Mungkin cukup ini yang bisa kami sampaikan kurang lebihnya mohon maaf.

Terima kasih atas perhatiannya.

Wallahul Muwafiq ila Aqwamith Thoriq Tsummassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *