Bacaan Dzikir dan Doa setelah Sholat Hajat

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Hajat – Doa Sholat Hajat  Setiap manusia pasti memiliki hajat atau kebutuhan baik yang bersifat khusus pribadi maupun yang bersifat umum. Namun terkadang hajat kita susah untuk terlaksana oleh karena itu kita di anjurkan untuk mengerjakan sholat hajat agar Allah SWT segera mengabulkan apa yang menjadi hajat kita.

Sholat Hajat ialah sholat sunnah yang dikerjakan untuk meminta kepada Allah SWT supaya yang menjadi hajat kita cepat dikabulkan oleh Allah. Waktu mengerjakannya yang baik menurut para ulama yaitu setelah mengerjakan sholat Isya sampai menjelang sholat Shubuh.

Sholat hajat adalah sholat sunah yang dilakukan seorang muslim karena memiliki suatu keinginan atau hajat. Bacaan doa setelah salat hajat merupakan sunah sebagai penyempurna ibadah. Tidak hanya itu, Syekh M. Nawawi Banten dalam Kitab Nihayatuz Zain seperti dikutip dari Nahdlatul Ulama (NU) juga menyebut sholat hajat dapat dilakukan ketika seorang muslim tengah dalam kesusahan.

فمن ضاق عليه الأمر ومسته حاجة في صلاح دينه ودنياه وتعسر عليه ذلك فليصل هذه الصلاة الآتية

Artinya: Orang sedang mengalami kesempitan, berhajat untuk membuat maslahat agama dan dunianya, dan merasakan kesulitan karenanya, hendaklah melakukan salat sebagai berikut.

Untuk bacaan niat sholat hajat adalah sebagai berikut:

Niat Sholat Hajat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat shalat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Jumlah rakaat sholat hajat dikerjakan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak tidak terbatas sesuai dengan kemampuan, dengan masing-masing dua rakaat dan satu salam. Untuk suratan yang dibaca Bisa saja setelah membaca surat Al-Fatihah kemudian membaca surat Al-Falaq, surat An-Nas. Dan pada rakaat yang kedua setelah membaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas.

Setelah selesai mengerjakan sholat hajat alangkah baiknya membaca dzikir dan wirid terlebih dahulu sebelum membaca doa sholat hajat, Seperti membaca Istighfar 33 – 100 kali, membaca sholat nabi 33 – 100 kali, membaca tasbih 33 kali, membaca tahlil 33 kali. Barulah setelah membaca wirid dan dzikir membaca doa sholat hajat.

Salat hajat bisa dikerjakan siang atau malam hari selama berada di luar waktu yang diharamkan untuk salat. Namun, waktu yang terbaik untuk mengerjakan salat hajat yaitu pada setengah malam atau sepertiga akhir malam.

 

Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap dengan Artinya

Berikut adalah bacaan doa setelah sholat hajat lengkap dengan latin dan terjemahannya.

Doa Setelah Sholat Hajat

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil’arsyil-‘adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin. As’aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa’ima magfiratika wal -‘ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada’ lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

Artinya: “Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.”

Baca juga : Bacaan Doa Nurbuat

Itulah bacaan doa setelah sholat hajat lengkap dengan latin dan terjemahannya dan sedikit pembahasan mengenai sholat hajat. Semoga dengan sholat hajat apa yang menjadi hajat, keperluan, keinginan kita cepat di kabulkan oleh Allah SWT, dan sebagai tambahan sebaiknya sholat hajat tidak hanya dikerjakan dalam semalam saja tapi berulang-ulang agar hajat kita cepat dikabulkan.

Tak bisa dipungkiri dalam kehidupan sehari-hari kita pasti ada masa dimana kita bingung dan depresi menghadapi segala permasalahan yang menghampiri kita, nah dengan doa hajat ini kita lebih percaya diri dan lebih bersemangat menghadapi kendala yang kita hadapi.

Sholat hajat memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Mendekatkan Diri kepada Allah:

Sholat hajat adalah bentuk ibadah yang dapat meningkatkan ketakwaan dan mendekatkan diri kepada Allah. Dengan melaksanakan sholat hajat, seseorang menunjukkan ketergantungan dan kebutuhan terhadap Allah dalam menghadapi segala persoalan dan kebutuhan hidupnya.

2. Mengatasi Kesulitan dan Masalah:

Sholat hajat dapat dijadikan sebagai sarana untuk memohon pertolongan dan bimbingan Allah dalam menghadapi masalah, kesulitan, atau cobaan hidup. Melalui doa yang ikhlas dalam sholat hajat, seseorang meminta perlindungan dan petunjuk Allah untuk melewati setiap ujian kehidupan.

3. Mendapatkan Keberkahan:

Sholat hajat yang dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas dapat membawa keberkahan dalam segala aspek kehidupan. Keberkahan ini meliputi rezeki, kesehatan, hubungan sosial, dan berbagai aspek lainnya. Allah dapat memberikan keberkahan kepada orang yang tekun beribadah dan memohon dengan sungguh-sungguh.

4. Memperbaiki Diri:

Melalui sholat hajat, seseorang dapat merefleksikan diri, memohon ampunan, dan meminta petunjuk dari Allah untuk memperbaiki diri. Sholat hajat membuka kesempatan bagi seseorang untuk melakukan introspeksi dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Menguatkan Mental dan Spiritual:

Sholat hajat dapat memberikan ketenangan, ketentraman, dan kekuatan spiritual. Dengan merasa dekat dengan Allah, seseorang dapat menghadapi tantangan hidup dengan lebih tenang dan tabah. Iman yang diperkuat melalui sholat hajat dapat menjadi sumber kekuatan dalam menghadapi berbagai situasi.

6. Menghindari Perbuatan Dosa:

Sholat hajat juga dapat membantu seseorang untuk menjauhi perbuatan dosa. Dengan meningkatkan kesadaran akan keberadaan Allah dan ketergantungan kepada-Nya, seseorang dapat lebih waspada terhadap perbuatan yang bertentangan dengan ajaran agama.

7. Memperoleh Hidayah:

Melalui sholat hajat, seseorang dapat memohon hidayah (petunjuk) dari Allah. Hidayah ini mencakup pemahaman yang lebih baik tentang agama, kebijaksanaan dalam mengambil keputusan, dan arah hidup yang sesuai dengan kehendak Allah.

Semua manfaat tersebut dapat dirasakan oleh individu yang melaksanakan sholat hajat dengan sungguh-sungguh, penuh keyakinan, dan ikhlas.

Sholat hajat bukan hanya untuk kepentingan atau keperluan mendesak kita namun sholat hajat sangat berguna dalam perjalanan hidup kita.

Dengan demikian ketika kita sudah mengamalkan sholat hajat insyaallah masalah yang menimpa kita dengan mudahnya Allah mudahkan kita untuk melampauinya. Wallahua’alam bis showab

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *