Bacaan Doa Tasbih. Lengkap Berserta 2 Niat Solat Tasbih.

Bacaan Doa Tasbih – Doa  tasbih merupakan doa yang dibaca setelah selesai melaksanakan sholat tasbih. Bacaan Doa tasbih memiliki sejumlah keutamaan di antaranya adalah memberikan keteguhan hati dan ampunan dari berbagai macam kesalahan.

Disebut sebagai sholat tasbih karena ketika melaksanakan sholat sunnah ini, kita akan banyak membaca tasbih. Maka dari itu bacaan doa sholat tasbih juga akan ditemukan banyak bacaan tasbih.

Secara umum, tata cara sholat tasbih sama dengan cara melaksanakan shalat sunnah lainnya. Hal yang membedakan cara sholat tasbih dengan sholat lainnya adalah bacaan niat, serta bacaan doa sholat tasbih.

Untuk lebih memahami bagaimana bacaan doa  tasbih, berikut ulasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum kitabos.com dari berbagai sumber.

bacaan doa tasbih

Bacaan Doa Tasbih

Bacaan doa tasbih merupakan doa yang dibaca setelah melaksanakan shalat sunnah tasbih. Adapun bacaan doa tasbih adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ أَهْلِ الْهُدَى وَأَعْمَالَ أَهْلِ الْيَقِينِ وَمُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ أَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أَخَافَك اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجِزُنِيْ عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ عَمَلًا أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ وَحَتَّى أُنَاصِحَكَ بِالتَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ حَتَّى أَخْلُصَ لَكَ النَّصِيحَةَ حَيَاءً مِنْكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا وَحَتَّى أَكُوْنَ أُحْسِنَ الظَنَّ بِكَ، سُبْحَانَ خَالِقِ النُّورِ

Allahumma inni as’aluka taufîqa ahlil huda, wa a’mala ahlil yaqin, wa munashahata ahlit taubah, wa ‘azma ahlis shabri, wa wajala ahlil khasyyah, wa thalaba ahlir raghbah, wa ta’abbuda ahlil wara’i, wa ‘irfana ahlil ‘ilmi hatta akhafak. Allahumma inni as’aluka makhafatan tahjizuni ‘an ma’ashika hatta a’mala bi tha’atika ‘amalan astahiqqu bihi ridhaka wa hatta unashihaka bit taubah, khaufan minka hatta akhlusha lakan nashihata haya’an minka wa hatta atawakkala ‘alaika fil ‘umuri kulliha wa hatta akuna ‘uhsinuz zhanna bika, subhana khaliqin nur.

Artinya: “Ya Allah, kepada-Mu aku meminta petunjuk mereka yang terima hidayah, amal-amal orang yang yakin, ketulusan mereka yang bertobat, keteguhan hati mereka yang bersabar, kekhawatiran mereka yang takut (kepada-Mu), doa mereka yang berharap, ibadah mereka yang wara’, dan kebijaksanaan mereka yang berilmu agar aku menjadi takut kepada-Mu. Ya Allah, masukkanlah rasa takut di kalbuku yang dapat menghalangi diri ini untuk mendurhakai-Mu. Dengan demikian aku dapat beramal saleh yang mengantarkanku pada ridha-Mu, dan aku bertobat setulusnya karena takut kepada-Mu. Dengan itu pula aku beribadah secara tulus karena malu kepada-Mu. Dengan rasa takut itu aku menyerahkan segala urusanku kepada-Mu. Karena itu juga aku dapat berbaik sangka selalu kepada-Mu. Mahasuci Engkau Pencipta cahaya.”

Bacaan Niat Sholat Tasbih

Setelah memahami bacaan doa sholat tasbih, untuk memahami tata cara dan bacaan niat sholat tasbih. Secara umum, tata cara sholat tasbih sebenarnya sama saja dengan sholat sunnah lainnya. Hal yang membedakan tata cara sholat tasbih dengan sholat sunnah lainnya adalah bacaan niatnya. Adapun bacaan niat sholat tasbih adalah sebagai berikut:

1. Niat Sholat tasbih 4 Rakaat Sekali Salam

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnat tasbiihi arba‘a rak‘aatin lillaahi ta‘aalaa.

Artinya: “Aku niat sholat sunnah tasbih empat rakaat karena Allah Ta’ala.”

2. Niat Sholat Tasbih 4 Rakaat Dua Kali Salam

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnat tasbiihi rak‘ataini lillaahi ta‘aalaa.

Artinya: “Aku niat sholat sunnah tasbih dua rakaat karena Allah SWT”.

Baca Juga : Bacaan Doa Nabi Sulaiman

Tata Cara Sholat Tasbih

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tata cara sholat tasbih sebenarnya mirip dengan sholat sunnah lainnya, yang membedakan adalah niatnya. Namun selain itu, ada bacaan khusus yang ada pada sholat tasbih, yang tak lain adalah bacaan tasbih.

Bacaan tasbih tersebut dibaca setelah membaca surat Alquran. Adapun tata cara sholat tasbih dan bacaan tasbihnya adalah sebagai berikut:

1. Niat

2. Takbiratul ihram

3. Membaca doa Iftitah

4. Membaca surat Al-Fatihah.

5. Membaca surat dari Alquran.

6. Membaca tasbih sebanyak 15 kali. Bacaan tasbih seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. berikut ini:

سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

“Subhaanallah wal hamdulillah wa laailaaha illa alloohu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi”. Dibaca Sebanyak 15 kali (sebelum ruku)

7. Rukuk dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih di atas sebanyak 10 kali.

8. Iktidal dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih sebanyak 10 kali.

9. Sujud dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.

10. Duduk di antara dua sujud dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.

11. Sujud yang kedua kali dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.

12. Membaca tasbih sebelum rakaat kedua. Sebelum berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua, duduk istirahat sejenak sambil membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.

13. Berdiri mengerjakan rakaat kedua sama seperti pada rakaat pertama.

14. Duduk tasyahud akhir. Pada tasyahud akhir membaca tasbih terlebih dahulu sebanyak 10 kali, kemudian baru membaca doa tasyahud akhir diakhiri dengan salam.

Wallhua’alam bis Showab.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *