Bacaan Doa Sakit Gigi dan 4 tata cara Paling ampuh untuk Kesembuhan.

Bacaan Doa Sakit Gigi – Jika merasakan sakit gigi sangat dianjurkan untuk mengamalkan doa sakit gigi yang dibaca pada saat akan mau minum obat atau terapi.

Seseorang yang mengalami sakit gigi akan tersiksa karena rasa nyeri yang luar biasa, bahkan akan membuat kesulitan untuk konsentrasi, makan, tidur, dan aktivitas lainnya.

Maka dari itu rasulullah menganjurkan kita untuk membaca bacaan doa sakit gigi untuk memohon kesembuhan.

Bacaan doa sakit gigi sangat penting diamalkan untuk sahabat kitabos yang sakit dikarenakan Allah SWT yang telah menurunkan penyakit sekaligus dengan obatnya, Meskipun tentu harus kita imbangi dalam berusaha untuk setidaknya periksa ke dokter ataupun hanya sekedar mengonsumsi obat.

Syaikh as-Sirjani menerangkan bahwa obat saja tidak cukup untuk menyembuhkan penyakit jika bukan karena Allah SWT. Doa yang dianjurkan rasulullah SAW untuk umatnya merupakan cara untuk mendapatkan kesembuhan.

Dapat disimpulkan jika berobat dan berdoa tolak ukurnya sama dibutuhkan dalam kesembuhan.

bacaan doa sakit gigi

Bacaan Doa sakit Gigi

Bacaan Doa Sakit Gigi pertama ini guna untuk mengatasi rasa nyeri sambil memegang pada bagian yang sakit.

بِاسْمِ اللَّه

“Bismillah” (3 x)

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir (7 x)”

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai. (HR. Muslim no. 2202).

Gigi yang nyeri terkadang memang menimbulkan rasa sakit yang sangat pedih untuk penderitanya. Jika sudah terlanjur harus dilakukan upaya yang diiringi dengan doa demi kesembuhan.

 

Bacaan Doa Menyembuhkan Gigi yang diajarkan Rasulullah

Doanya terbilang cukup pendek sehingga mudah untuk dihafalkan ataupun diamalkan yaitu:

اللَّهُمَّ أَذْهِبْ عَنْهُ سُوءَ مَا يَجِدُ وَفُحْشَهُ بِدَعْوَةِ نَبِيِّكَ الْمُبَارَكِ الْمَكِينِ عِنْدَكَ

Allahuma adzib ‘anhu su-a ma yajidu wa fuhsyahu bi da’wati nabiyyikal mubarakil makini indaka.

Artinya: “Ya Allah, lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa Nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu.”

Doa tersebut memang cukup mujarab, bahkan dituliskan oleh Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki dalam kitab Abwab al-Faraj. Caranya dibaca 3 sampai 7 kali dengan meletakkan tangan di gigi yang sakit.

Selama sakit gigi juga disarankan untuk tetap menjaga kesehatan gigi untuk memudahkan proses penyembuhan. Membaca doa ini secara rutin diharapkan mampu meredakan rasa sakit yang sedang dialami.

Baca Juga : Bacaan Doa Supaya Anak Cepet Jalan 

Bacaan Doa Sakit Gigi dari Rasulullah

Masih ada doa lain yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk dibaca ketika sakit gigi. Doa ini dibaca ketika putrinya yakni Fatimah mengeluhkan sakit gigi yang tak tertahankan. Beliau membaca doa ini sambil meletakkan tangan kanan ke pipi Fatimah.

Dikutip dari sebuah buku Doa-Doa Terbaik Sepanjang Masa yang dibuat oleh Ustadz Ahmad Zacky El Syafa, bacaannya adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ وَبِاللهِ أَسأَلُكَ بِعِزَّتِكَ وَجَلَالِكَ وَقُدْرَتِكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ فَإِنَّ مَرْيَمَ لَم تَلِدْ غَيْرَ عِيْسَى مِنْ رُوْحِكَ وَكَلِمَتِكَ أَنْ تَكْشِفَ مَا تَلْقَى فَاطِمَةَ بِنْتَ خَدِيْجَةَ مِنَ الضُّرِّ كُلِّهِ

Latin: Bismillaahi wabillaahi as-aluka bi’izzatika wajalaalika waqudratika ‘alaa kulli syai-in fainna maryama lam talid ghaira ‘iisaa min ruuhika wakalimatika an taksyifa maa talqaa faathimata binta khadiiijata minadhdhurri kullihi

Artinya: “Dengan nama Allah, demi Allah aku memohon dengan kemuliaan-Mu dan kebesaran-Mu dan kekuasaan-Mu atas segala sesuatu sesungguhnya Maryam tidak melahirkan selain Isa yang berasal dari ruh-Mu dan kalimat-Mu (firman-Mu) aku memohon agar Engkau melenyapkan rasa sakit yang dirasai Fatimah binti Khadijah semuanya.”

Namun, dalam doa ini disebutkan secara jelas bahwa yang sedang sakit gigi adalah Fatimah binti Khadijah. Jadi dapat disesuaikan terlebih dahulu dengan menyebut nama yang mengalami sakit.

Bacaan Doa Sakit Gigi supaya segera Sembuh

Sakit gigi yang baru dialami saja sangat mengganggu, apalagi jika sampai tak kunjung sembuh. Jika hal ini terjadi tentu akan membuat kondisi menjadi tidak nyaman dan sulit untuk beraktivitas apapun.

Salah satunya bisa mengamalkan doa untuk kesembuhan segala rasa sakit termasuk sakit gigi. Inilah doanya yang juga bisa dibaca 3 sampai 7 kali agar lebih afdol:

أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ ، أَنْ يُعَافِيَكَ وَيَشْفِيَكَ

Latin: As alullahl’adhimi rabbl’arsyil ‘adhiim, an yu’aafiika wa yasyfiika.

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, zat yang menciptakan Arsy yang besar dan yang memberikan kesembuhan kepada orang yang sakit.

Siwak dan Kesehatan Gigi

Sebelum merasakan sakit gigi, pastikan untuk selalu merawat kesehatan gigi dan mulut terlebih dahulu.

Rasulullah SAW sendiri telah mengajarkan cara untuk melakukannya.

Dalam sebuah hadis, beliau berkata: “Bersiwak akan membuat mulut bersih dan mendatangkan rida Allah.” (HR An-Nasai dan Ahmad)

Islam sudah mengajarkan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut dengan bersiwak.

Bahkan, kebiasaan ini dianggap sunnah jika berniat mengikuti apa yang diajarkan Rasulullah SAW.

Dalam hadis lain beliau berkata: “Kalaulah sekiranya tidak memberatkan atas umatku, niscaya akan aku perintahkan mereka supaya bersiwak tiap kali (ingin) mengerjakan salat.” (HR Bukhari dan Muslim)

Siwak atau miswak adalah batang atau ranting dari pohon arak (Salvador persica).

Pohon ini termasuk dalam kategori semak belukar yang banyak ditemui di wilayah Timur Tengah.

 

Wallahua’alam bis Shawab

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *