Bacaan Doa Naik Kendaraan. Lengkap 3 Do’a Darat Laut dan Udara.

Bacaan Doa Naik Kendaraan – Bacaan Doa naik kendaraan adalah salah satu dari sekian banyak doa sehari-hari yang diajarkan sejak masih kecil. Doa ini dianjurkan untuk dibaca setiap kali naik kendaraan atau saat bepergian jauh menggunakan kendaraan.

Dalam setiap perjalanan, semua orang pasti mengharapkan keberkahan, perlindungan, dan juga keselamatan hingga sampai ke tempat tujuan. Hal ini bisa dicapai dengan berdoa kepada Allah SWT untuk meminta perlindungan dan keselamatan.

Dalam Islam, terdapat doa yang dianjurkan untuk dibaca saat menaiki kendaraan, baik darat, laut, dan udara. Oleh karena itu, simak informasi berikut yang akan membahas tentang doa menaiki kendaraan agar selamat sampai tujuan.

bacaan doa naik kendaraan

Baca juga = Bacaan Doa Puasa Ramadhan

Bacaan Doa Naik Kendaraan Arab dan Artinya

Bacaan Doa naik kendaraan dibagi menjadi tiga, yaitu darat, laut dan udara. Berikut ini adalah doa menaiki kendaraan yang harus diketahui beserta artinya.

1. Bacaan Doa Keluar Rumah

 

Sebelum bepergian menggunakan kendaraan, hendaknya setiap umat Islam membaca doa keluar rumah yang dianjurkan. Doa ini juga bisa menjadi alternatif yang dibaca ketika nak bus maupun kendaraan udara. Berikut doanya:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

“Bismillahi Tawakkaltu’ Alalloh, Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illaa Billaah.”

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya; tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya.”

2. Bacaan Doa Menaiki Kendaraan Darat

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْن

“Subhaanalladzi sakhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbina lamunqolibuun.”

Artinya: “Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Bacaan Doa Naik Kendaraan Laut

Bacaan Doa naik kendaraan laut adalah bagian dari sunnah nabi Muhammad SAW yang diajarkan kepada umat Islam. Bacaan Doa ini menjadi bentuk keyakinan bahwa Allah SWT akan selalu melindungi umat-Nya ketika berada di atas kendaraan laut. Berikut doanya:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

“Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim.”

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Bacaan Doa Menaiki Kendaraan Udara

Bepergian dengan menaiki pesawat sebagai jalur udara juga memiliki doa khusus yang berbeda dengan doa-doa sebelumnya. Bacaan doa menaiki kendaraan udara adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

“Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl.”

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Keutamaan Membaca Bacaan Doa Naik Kendaraan

Sama seperti doa lainnya, bacaan doa  naik kendaraan juga memiliki banyak keutamaan apabila diamalkan. Berikut ini adalah keutamaan membaca bacaan doa ketika naik kendaraan baik darat, laut, dan udara.

1. Dilindungi oleh Allah

Seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa sebelum bepergian seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Keutamaan dari doa ini yaitu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT mulai dari berangkat, hingga sampai ke tempat tujuan.

Selain itu, perjalanan yang diawali dengan doa juga akan lebih lancar, dan semua urusan ketika perjalanan akan semakin terasa mudah. Oleh karena itu, mulailah untuk mengamalkan doa keluar rumah dan naik kendaraan seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

2. Dijauhkan dari Segala Gangguan

Membaca bacaan doa sebelum bepergian dan naik kendaraan merupakan salah satu cara untuk senantiasa mengingat Allah SWT. Jika ingin mendapatkan pertolongan dari Allah SWT, maka sudah seharusnya seorang muslim mengamalkan doa sebelum melakukan perjalanan.

Sebab, bacaan doa menaiki kendaraan memiliki keutamaan yaitu mendapatkan ridho Allah dalam setiap perjalanan. Dengan demikian, perjalanan yang dilakukan akan terasa lebih lancar dan dijauhkan dari segala bentuk gangguan.

3. Mendatangkan Pahala

Sebagai amalan sunnah, mengamalkan doa ketika naik kendaraan tentu akan mendatangkan banyak pahala bagi siapapun yang menjalankannya. Dengan membaca doa ini, seorang muslim telah melakukan suatu amalan untuk selalu mengingat Allah SWT.

Bacaan Doa ini berisi harapan dan permohonan yang baik untuk siapapun yang sudah mengamalkannya. Seperti yang diketahui, amalan sunnah bisa mendatangkan pahala bagi yang menjalankan dan bagi yang mengingatkan kepada sesama.

4. Mendatangkan Perasaan Aman

Keutamaan membaca bacaan doa sebelum naik kendaraan yang terakhir yaitu bisa mendatangkan perasaan aman bagi yang menjalankan. Dengan membaca doa, hati akan terasa lebih tenang, sehingga tidak akan ada rasa khawatir saat melakukan perjalanan.

Perasaan khawatir atau takut saat melakukan perjalanan jauh merupakan hal yang wajar terjadi. Untuk menghindari perasaan khawatir, jangan pernah mengabaikan doa ini, karena Allah akan selalu memberikan perlindungan kepada hamba yang senantiasa mengingat-Nya.

5. Rasa Syukur Kepada Allah SWT

Bacaan Doa naik kendaraan darat, laut dan udara merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Dengan bersyukur kepada Allah SWT, umat Muslim akan selalu mengingat bahwa segala sesuatu berasal dari Allah dan akan kembali kepada-Nya.

Adab Membaca Bacaan Doa Sebelum Naik Kendaraan

Islam sudah mengajarkan beberapa adab yang bisa diterapkan saat membaca doa agar selamat ketika naik kendaraan. Meskipun kelihatannya sepele, adab ini sangat penting untuk diterapkan agar doa yang dipanjatkan bisa diijabah oleh Allah SWT.

Berikut adalah beberapa adab yang perlu dilakukan ketika mengamalkan doa menaiki kendaraan sebelum bepergian:

Dianjurkan untuk berdoa dalam kondisi yang suci dengan cara berwudhu sebelum bepergian.
Usahakan untuk menghadap ke arah kiblat seperti saat menjalankan sholat.
Berdoa dengan khusyuk dan penuh pengharapan kepada Allah SWT dengan posisi tangan menadah ke atas saat berdoa.

Merendah ketika berdoa kepada Allah SWT dan menundukkan diri dengan keyakinan penuh akan kekuasaan-Nya.
Meminta perlindungan dengan bertawakal kepada Allah SWT supaya perjalanan yang dilakukan berjalan lancar tanpa hambatan apapun.

Waktu yang Tepat untuk Berdoa

Waktu yang tepat untuk mengamalkan doa naik kendaraan darat, laut, dan udara, adalah saat akan memulai perjalanan di atas kendaraan. Setelah keluar rumah, dianjurkan juga untuk berdoa seperti yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Setelah menaiki kendaraan, baik kendaraan mobil, bus, kapal laut, atau pesawat, berdoalah sebelum kendaraan mulai bergerak. Usahakan untuk mengikuti adab berdoa seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Tempat yang paling ideal untuk memanjatkan doa sebelum naik kendaraan yaitu ketika di atas kendaraan tersebut. Tetapi jika situasinya tidak memungkinkan, doa ini dapat diamalkan sebelum naik kendaraan, seperti saat di pelabuhan atau tempat lainnya yang aman.

Amalan Sunnah Saat Bepergian

Sebelum bepergian menaiki kendaraan, ada beberapa sunnah yang bisa diikuti sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya untuk menambah pahala, amalan ini juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman ketika bepergian.

1. Amalan Ketika Bepergian

Membaca doa keluar rumah dan naik kendaraan seperti yang sudah dijelaskan di atas.
Membaca takbir (Allahu Akbar) ketika melewati jalan menanjak, dan membaca tasbih (Subhanallah) ketika melewati jalan yang menurun.

Hindari membawa banyak barang yang bisa membebani kendaraan.
Istirahat ketika diperlukan dan jangan paksakan berkendara ketika mengantuk.
Berkendara dengan santun dan jangan berkendara dengan ugal-ugalan.
Dahulukan kaki kanan saat naik kendaraan, dan turun dengan menggunakan kaki kiri lebih dulu.
Ucapkan lafadz hamdalah (Alhamdulillah) saat sudah sampai dan turun dari kendaraan.

2. Amalan Rasulullah Saat Bepergian

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah SAW bertakbir ketika sudah duduk di atas kendaraan. Nabi Muhammad SAW mengucapkan takbir sebanyak tiga kali, hamdalah tiga kali, dan tahlil sebanyak satu kali.

Setelah itu, beliau menyandarkan punggungnya dan tertawa sambil menoleh ke arah Ibnu Abbas, lalu bersabda:

“Tidak sekali-kali seorang muslim mengendarai kendaraannya, dan melakukan seperti apa yang aku lakukan, melainkan Allah SWT akan memandang ke arahnya dengan tertawa (penuh ridho) sebagaimana aku tertawa kepadamu.”

Bacaan Doa naik kendaraan sangat baik untuk diamalkan ketika bepergian menaiki kendaraan, baik darat, laut, maupun udara. Dengan mengamalkan doa ini, Allah akan melindungi umat-Nya ketika perjalanan dan menghindarkan dari segala bentuk hambatan yang muncul. Wallahua’alam bis Showab

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *