2 Bacaan Doa Awal Tahun Akhir Tahun Hijriyah. Lengkap Arab dan Latinnya.

Bacaan Doa Awal Tahun – Dalam kitab yang berisi kumpulan doa, Maslakul Akhyar, karya Mufti Jakarta abad ke-19-20 M Habib Utsman bin Yahya memasukkan bacaan doa awal dan akhir tahun. Pada kesempatan ini, kami akan mengutip doa akhir tahun terlebih dahulu yang kemudian disusul dengan bacaan doa awal tahun.

Bacaan Doa Awal Tahun
Doa Akhir Tahun

Doa akhir tahun yang dianjurkan Rasulullah SAW, ini dibaca sebanyak 3 kali sebelum maghrib pada hari terakhir bulan Dzulhijjah.

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya, “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Bacaan Doa Awal Tahun

Setelah doa akhir tahun dibacakan, kemudian membaca bacaan doa awal tahun. Berikut ini adalah bacaan doa awal tahun yang dibaca dengan harapan Allah menganugerahkan rahmat, lindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karir, wafat husnul khatimah, dan berbagai kebaikan lainnya.

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Baca Juga : Bacaan Doa untuk Bayi baru lahir 

Dilansir dari NU Online, bacaan doa awal tahun ini dibaca sebanyak 3 kali dalam rangka menyambut tahun baru. Tentu, dengan dibacakannya doa tersebut kita berharap anugerah dan kemurahan Allah untuk kita pada tahun baru ke depan.

Manfaan Bacaan Doa Awal Tahun

Selamat tahun baru! Saat kita memulai perjalanan baru mengelilingi matahari, banyak dari kita menemukan kedamaian dan tujuan dalam praktik “Bacaan Doa Awal Tahun” atau Bacaan doa awal tahun. Ini lebih dari sekadar tradisi; ini adalah usaha spiritual yang memiliki makna mendalam dalam berbagai budaya. Mari kita telusuri berbagai manfaat memulai tahun dengan doa yang tulus.

Signifikansi Historis

Bacaan Doa Awal Tahun sangat terkait dengan sejarah dan budaya. Di berbagai peradaban, orang terlibat dalam doa khusus, ritual, dan tradisi saat menyambut fajar tahun baru. Praktik ini sering membawa makna simbolis, menandakan awal yang baru, pembaruan, dan menghilangkan energi negatif.

Koneksi Spiritual

Ada energi spiritual yang unik menyertai bacaan doa awal tahun. Terlibat dalam doa selama waktu ini memungkinkan individu terhubung dengan energi ini pada tingkat yang lebih dalam. Ini menetapkan nada untuk seluruh tahun, membentuk rasa keselarasan spiritual dan positivitas.

Refleksi dan Rasa Syukur

Bacaan Doa pada awal tahun memberikan waktu untuk refleksi. Ini saat untuk mengungkapkan rasa syukur atas pengalaman tahun sebelumnya—baik tantangan maupun kemenangan. Praktik reflektif ini memungkinkan individu memasuki tahun baru dengan pikiran yang jernih dan hati yang bersyukur.

Dampak Positif pada Kesehatan Mental

Tindakan berdoa telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan mental. Memulai tahun dengan fokus pada kesejahteraan spiritual dapat berkontribusi pada pelepasan stres, peningkatan ketajaman mental, dan perasaan tenang secara keseluruhan. Ini adalah pendekatan holistik terhadap kesehatan mental yang mencakup pikiran, tubuh, dan jiwa.

Pengikatan Komunitas

Dalam banyak budaya, doa awal tahun adalah acara bersama. Berkumpul dengan orang lain untuk berdoa memperkuat ikatan sosial dan tujuan bersama. Energi kolektif yang dihasilkan selama momen-momen doa ini menciptakan ikatan di antara individu, melampaui perbedaan dan mempromosikan persatuan.

Menetapkan Tujuan Melalui Doa

Doa bukan hanya praktik spiritual; itu juga dapat menjadi alat yang kuat untuk menetapkan dan mencapai tujuan pribadi. Dengan menyelaraskan niat seseorang dengan energi positif melalui doa, individu dapat menemukan motivasi dan inspirasi untuk mengejar aspirasi mereka sepanjang tahun.

Keragaman Budaya dalam Doa Awal Tahun

Keindahan Bacaan Doa Awal Tahun terletak pada keragamannya. Berbagai budaya di seluruh dunia memiliki cara unik menggabungkan doa ke dalam perayaan tahun baru mereka. Mulai dari upacara yang megah hingga momen-momen refleksi yang tenang, kekayaan tradisi ini menambahkan makna budaya pada praktik ini.

Tips Praktis untuk Bacaan Doa Awal Tahun yang Efektif

Bagi mereka yang mencari pengalaman doa yang lebih bermakna, pertimbangkan tips berikut:
– Ciptakan lingkungan yang tenang dan damai.
– Gunakan afirmasi untuk menetapkan niat positif untuk tahun ini.
– Sertakan rasa syukur dalam doa Anda.
– Jelajahi berbagai teknik doa yang sesuai dengan Anda.
– Tetap konsisten dengan praktik Anda sepanjang tahun.

Kesimpulan

Bacaan Doa Awal Tahun lebih dari sekadar tradisi budaya; itu adalah pintu gerbang pembaharuan spiritual, kesejahteraan mental, dan rasa komunitas. Saat kita memasuki tahun baru, mari kita peluk kekuatan doa untuk. Wallahua’alam bis Showab

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *