Bacaan Agar Doa Dikabulkan. Lengkap dengan 10+ Amalan

Bacaan Agar Doa Dikabulkan – Terdapat bacaan agar doa dikabulkan Allah SWT yang patut untuk diketahui dan dihafalkan. Berdoa adalah salah satu sarana berkomunikasi dengan Tuhan, tak terkecuali dalam Islam . Umat ​​Islam bahkan dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT.

Doa-doa yang dipanjatkan memiliki tujuan yang beragam. Ada doa untuk memohon pertolongan, petunjuk, rejeki, kesehatan, hingga jodoh. Memang sudah sepatutnya umat Islam memohon segala hal hanya kepada Allah SWT semata. Untuk itu, doa-doa selalu dipanjatkan siang dan malam.

Meski demikian, tak semua doa cepat dikabulkan. Allah SWT memiliki mekanismenya sendiri untuk menolong dan mengijabah doa-doa serta permohonan umatNya. Namun, diketahui ada beberapa bacaan doa yang cepat dikabulkan Allah SWT jika melafalkannya. Apa saja doa-doa itu? Simak selengkapnya.

bacaan agar doa cepat dikabulkan

Bacaan Agar Doa Dikabulkan Allah SWT

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ ثَلاَثُ د َعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِوَدَعْوَة ُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Ada tiga macam doa yang pasti diterima tanpa ragu lagi, yaitu: doa bapak, doa musafir, dan doa dari orang yang teraniaya.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Turmudzi).

Dalam hadist ini dijelaskan bahwa 3 bacaan agar doa  dikabulkan Allah adalah doa seorang bapak, doa seorang musafir, dan doa dari orang yang teraniaya.

Rasulullah SAW juga bersabda dalam hadits lain riwayat Abu Huraira RA;

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (ثَلاثَ ةٌ لا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ الإِمَامُالْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَد َعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَا فَوْقَ الْغَمَامِ وَتُفَتَّحُ لَهَا أَبكِ وَلَوْ بَعْدَ حِينٍ

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak, yaitu orang yang berpuasa sewaktu ia berbuka, imam atau pemimpin yang adil, dan doa dari orang yang teraniaya. Doanya itu menanamkan Allah menembus awan dan membukakannya pintu-pintu langit, serta firman Allah kepadanya: ‘Demi kemuliaan-Ku, Aku akan menolongmu, meski di belakang nanti’.” (HR Turmudzi).”

Pada hadist di atas dijelaskan bahwa ada 3 bacaan doa yang cepat dikabulkan oleh Allah SWT, yakni doa orang berpuasa sewaktu ia berbuka, doa imam dan pemimpin yang adil, serta doa dari orang yang teraniaya.

Bacaan Agar Doa Dikabulkan Allah SWT

Dalam Islam, doa haruslah dipanjatkan dengan sungguh-sungguh. Pasalnya, Allah SWT berjanji akan mengabulkan permintaan hambanya yang memohon dengan sungguh-sungguh. Para sahabat Rasulullah SAW pun sangat menekankan pentingnya adab ketika berdoa agar mudah diijabah, salah satunya adalah mengawalinya dengan membaca doa yang cepat dikabulkan Allah SWT berikut ini;

Allahumma inni as’aluka bi anni asyhadu annaka antallahu, laa ilaha illa antal ahadus shamad, alladzi lam yalid wa lam yulad, wa lam yakullahu kufuwan ahad.

Artinya: “Tuhanku, aku memohon (pertolongan) kepada-Mu. Aku mencerminkan bahwa Engkau adalah Allah. Tiada tuhan selain Engkau Yang Maha Esa, tempat bergantung yang tiada melahirkan dan tiada dilahirkan, serta tiada apapun yang menyamai-Nya.”

Selain itu, bacaan agar doa yang dikabulkan Allah SWT lainnya adalah Surat Al-Ikhlas. Al-Ikhlas merupakan surat pendek yang kerap dibaca ketika salat. Namun, surat ini juga mengandung bacaan yang sangat mustajab ketika dibaca. Berikut ini adalah lafal surat Al-Ikhlas:

Qul huwallahu ahad. Allahus Somad. Lam yalid wa lam yuulad, wa lam yakullahu kufuwan ahad.

Artinya: “katakanlah: ‘Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.”

Baca Juga : Bacaan Doa Khatam Al-Qur’an

Amalan Bacaan Agar Doa Dikabulkan Allah SWT

Menurut Imam Nawawi dan Syekh M Ibrahim Al-Baijuri, di bawah ini adalah beberapa amalan yang patut dijalankan bacaan agar doa dikabulkan oleh Allah SWT:

– Menjalankan sholat wajib tepat waktu.

– Istiqamah dalam bersedekah.

– Berbakti kepada kedua orang tua.

– Mempermudah urusan orang lain.

– Senantiasa menjaga hati supaya tidak lalai saat berdoa.

– Berwudhu dan sholat terlebih dahulu sebelum berdoa.

– Berdoa dengan menghadap kiblat, mengangkat tangan saat berdoa dan mengusap wajah sesudahnya.

– Sebelum berdoa semestinya bertaubat dan mengakui dosa terlebih dahulu.

– Mengawali doa dengan tahmid dan sholawat nabi.

– Menghindari makan makanan yang didapat secara haram.

– Memantabkan hati dan meyakinkan diri bahwa doanya akan diijabah oleh Allah.

– Meminta hal-hal yang tidak keluar dari syariat, bisa diterima akal dan tidak merugikan orang lain.

– Tidak meminta sesuatu yang bisa memutuskan tali silaturahmi.

– Berdoa di saat waktu utama seperti ketika sujud dan waktu jeda antara adzan dan iqamah.

– Ikhlas dalam berdoa.

– Mengulang-ulang doa namun tidak terlalu menuntut ketika berdoa.

– Mengakhiri doa dengan sholawat nabi.

– Membaca sholawat nabi di tengah-tengah doa.

– Tidak berlebihan dalam penggunaan kata saat berdoa.

– Berdoa dengan penuh ketundukkan dan kekhusyukan.

– Memperbanyak istighfar dan bertaubat kepada Allah SWT.

Wallahua’alam bis Shawab.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *